Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

28.12.10

4 Cara menabung yang cerdas dan smart


Sahabat blog “igmabudi” seorang kawan yang setia mengikuti blog ini, menitipkan artikel dibawah ini, mungkin beliau melihat saya jarang meng update artikel. Mudah-mudahan sumbangan beliau bermanfaat bagi sahabat sekalian.


Banyak orang beranggapan bahwa menabung itu hanya berbentuk uang saja. Namun bagi orang-orang yang berpikiran maju dan sukses bahwa ada beberapa bentuk tabungan yang patut untuk dipertimbangkan. Apalagi di jaman era informasi, teknologi, dan inovasi yang demikian cepat berkembang.

Ada banyak cara untuk menabung yang tidak hanya berbentuk uang, namun sesungguhnya dapat di ukur dengan uang atau kelak dapat ditukar dengan uang.

1. Menabung dalam bentuk uang

Menabung dalam bentuk uang adalah bentuk menabung yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Seseorang yang memperoleh penghasilan lalu di kurangi dengan biaya hidupnya, jika masih ada kelebihan maka ia dapat menabung.

Contohnya : seorang pegawai mempunyai penghasilan gaji sebesar Rp. 10.000.000, perbulan sedangkan biaya hidupnya besarnya Rp. 7.500.000,- perbulan maka pegawai tersebut dapat menabung Rp. 2.500.000,- perbulan. Biasanya tujuan menabung adalah untuk mewujudkan impian atau keinginan yang nilainya besar yang tidak mungkin realisasikan dalam waktu cepat. Misalnya ingin memiliki rumah yang lebih besar, memiliki kendaraan, atau tujuan lainnya.

2. Menabung dalam bentuk Ilmu

Seseorang yang rajin menimba ilmu diwaktu muda, akan lebih mudah hidupnya di waktu tua. Inilah salah satu bentuk tabungan di masa depan. Karena seseorang yang memiliki ilmu dan keahlian, akan dibutuhkan oleh masyarakat dan dihargai dalam bentuk berupa kompensasi.

Contoh. Seorang pegawai biasanya sewaktu masih bekerja berupaya menyisihkan waktu untuk mempelajari tentang bagaimana caranya membuat website, maka setelah dia mahir, dia dapat menjual atau memasarkan jasanya tentang pembuatan website.

Contoh lain, seseorang sewaktu masih bekerja rajin mengikuti seminar-seminar atau pertemuan networking dan mencoba mempraktekan kemampuan presentasinya. Lama-lama ia mahir untuk melakukan presentasi maka ketika ia bergabung disebuah perusahaan networking maka ia akan lebih mudah untuk mengembangkan jaringannya.

3. Menabung dalam bentuk waktu

Ada pepatah barat menyebutkan "Time is Money". Hal tersebut begitu mudah diucapkan namun sulit untuk dilaksanakan. Sehingga masih banyak orang-orang yang menyia-nyiakan waktunya yang berharga.

Banyak orang-orang yang seharusnya waktu luangnya dapat di gunakan untuk belajar keahlian, atau digunakan untuk mengembangkan networkingnya, malah dihabiskan berjam-jam di depan televisi menyaksikan acara-acara yang kurang mendidik.

Cobalah mulai memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang positif, seperti bergaul, mengikuti kegiatan sosial, networking, suatu saat akan mendatangkan hasil.

4. Menabung dalam bentuk link pergaulan

Bayangkan, Ada seorang yang jenius, memiliki modal untuk membuka usaha, namun anda tidak pandai dalam pergaulan, baik pergaulan sosial dan bisnis.
Dengan siapa Anda akan bekerja sama? Siapa yang akan membeli produk dan jasa Anda?

Pergaulan memiliki kontribusi yang sangat penting dalam perkembangan bisnis seseorang. Karena melalui jaringan pergaulan yang luas kita dapat mendistribusikan ide-ide, produk maupun jasa kita.

Semakin luas pergaulan seseorang, dapat dipastikan akan semakin besar perkembangan bisnis orang tersebut.


Demikian 4 cara menabung yang dapat kita jadikan pertimbangan untuk dilakukan. Semoga dapat menjadi inspirasi kita semua.

artikel oleh : Sdr. Satria