Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

18.5.17

Cara Mengatur Keuangan 5 + 1



www.igmabudi.blogspot.co.id adalah blog tentang Cerita Perjalanan Hidup dan tentang berbagi Inspiration, Goal, Motivasi dan Action (IGMA) semoga bermanfaat bagi kita semua.

Mengatur keuangan memang kelihatannya hal sepele, namun dibutuhkan suatu keahlian atau kedisiplinan yang tinggi agar kita dapat mengatur keuangan dengan baik.


#1. Perkirakan pemasukan dalam sebulan.

Kamu harus bisa memperkirakan sebulan total pemasukanmu berapa. Lebih baik jika kamu bisa tahu pasti nominal yang ada berapa. Mengapa harus tahu? Karena menyangkut kehidupanmu selama sebulan ke depan.

#2.Catat pengeluaran dalam sebulan

Rencanakan pengeluaranmu dalam sebulan sehingga kamu bisa memperkirakan untuk hal hal yang lain seperti investasi, menabung, sedekah dan kegiatan lainnya. Yang perlu dicermati adalah pengeluaran pokok yang wajib keluar dalam sebulan.


#3.Tentukan porsi untuk menabung, pengeluaran, dan kegiatan lainnya

Nah ini nih yang perlu diperhatikan. Kamu harus bisa membagi porsi antara menabung, untuk pengeluaran, dan untuk kegiatan lainnya seperti hangout bersama teman, beli buku, dan bersedekah. Porsi pembagian ini bisa membuatmu disiplin dalam mengatur keuangan.


#4.Sebisa mungkin menghindari hutang


Jangan sampai berhutang jika memang tidak sangat penting dan mendesak karena hutang akan dibawa sampai mati. Jika kamu memang berhutang maka masukkan ke daftar pengeluaran untuk bayar hutang jangan sampai ketinggalan.


#5.Lakukanlah investasi


Mulailah berinvestasi sedini mungkin. Entah kamu akan investasi dalam bentuk emas, tanah, maupun benda berharga lain yang memiliki kemungkinan nilainya bertambah setiap tahunnya. Atau juga kamu bisa investasi ke dalam bisnis.


+1. Sedekah

Dan yang paling terpenting dalam mengatur keuangan adalah rajin bersedekah. Hal ini mengapa di dalam judul tertulis 5 + 1, bukan 6. Karena kegiatan yang satu ini sangat spesial. Dengan bersedekah kamu akan merasa lebih nikmat dalam menikmati hidup ini. Tidak akan selalu merasa kurang dan selalu bersyukur atas apa yang didapat.

Berikan porsi yang sedikit besar untuk bersedekah, karena sebagian uang yang kamu dapat merupakan hak orang lain. Bersedekah juga merupakan investasi untuk di akhirat nanti.

----------------------
bagikan kepada teman jika bermanfaat
----------------------